Label-1

Label-2

Label-3

Apa itu Teknologi?

Definisi Teknologi

Di era saat ini semuanya serba digital, mulai dari surat menyurat, rekaman musik, sampai memesan makanan. Semua itu dikarenakan kemajuan teknologi yang sangat pesat dari waktu ke waktu. Namun, apa itu teknologi serta penggunaan dari kata teknologi?

Apa itu teknologi?
Image from here

Menurut wikipedia, definisi teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan, dan kenyamanan hidup manusia.

Dari beberapa sumber

  • Teknologi adalah cara di mana kualitas hidup manusia ditingkatkan dengan pengenalan produk baru.
  • Teknologi adalah penggunaan pengetahuan ilmiah untuk meningkatkan cara untuk melakukan sesuatu.
  • Teknologi adalah cabang pengetahuan yang berhubungan dengan penciptaan dan penggunaan sarana teknis dan yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan, masyarakat, dan lingkungan.
Jadi mungkin kesimpulannya teknologi adalah sebuah kemajuan atau perubahan yang dapat mempermudah manusia untuk melakukan sesuatu, baik itu pada alat elektronik atau alat sederhana dan yang lainnya.

Penggunaan Istilah Teknologi

Menurut wikipedia penggunaan istilah teknologi (bahasa Inggris: technology) telah berubah secara signifikan lebih dari 200 tahun terakhir. Sebelum abad ke-20, istilah ini tidaklah lazim dalam bahasa Inggris, dan biasanya merujuk pada penggambaran atau pengkajian seni terapan.

Secara umum, teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan, dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Dalam penggunaan ini, teknologi merujuk pada alat, dan mesin yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah di dunia nyata. Ia adalah istilah yang mencakupi banyak hal, dapat juga meliputi alat-alat sederhana, seperti linggis atau sendok kayu, atau mesin-mesin yang rumit, seperti stasiun luar angkasa atau pemercepat partikel. Alat, dan mesin tidak mesti berwujud benda; teknologi virtual, seperti perangkat lunak dan metode bisnis, juga termasuk ke dalam definisi teknologi ini.

Kata "teknologi" juga digunakan untuk merujuk sekumpulan teknik-teknik. Dalam konteks ini, ia adalah keadaan pengetahuan manusia saat ini tentang bagaimana cara untuk memadukan sumber-sumber, guna menghasilkan produk-produk yang dikehendaki, menyelesaikan masalah, memenuhi kebutuhan, atau memuaskan keinginan; ia meliputi metode teknis, keterampilan, proses, teknik, perangkat, dan bahan mentah. Ketika dipadukan dengan istilah lain, seperti "teknologi medis" atau "teknologi luar angkasa", ia merujuk pada keadaan pengetahuan, dan perangkat disiplin pengetahuan masing-masing. "Teknologi state-of-the-art" (teknologi termutakhir, sekaligus tercanggih) merujuk pada teknologi tinggi yang tersedia bagi kemanusiaan di ranah manapun.

Ternyata penggunaan istilah teknologi memang sudah banyak mengalami perubahan dan memiliki banyak definisi, namun seperti yang sudah kita simpulkan di atas, bahwa teknologi diciptakan guna untuk kemajuan atau perubahan yang dapat mempermudah manusia.

Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia zaman sekarang, karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia. Di banyak belahan masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer, dan masih banyak lagi. Ini menjadi bukti bahwa memang teknologi sudah menjadi kebutuhan, dan merata di setiap sektor kehidupan manusia.

Semoga teknologi bisa terus berkembang ke arah yang baik dan digunakan untuk hal yang baik pula.

Sumber: 1, 2
«
Next

Posting Lebih Baru

»
Previous

This is the last post.